CC 205



Lokomotif CC205 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan Electro Motive Diesel, Ontario, Kanada. Lokomotif CC205 adalah lokomotif terberat Kedua setelah CC202 di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk menggantikan beberapa tugas lokomotif CC 202 yang sudah berumur. Dalam hal ini 2 lokomotif CC 202 bisa diganti dengan 1 lokomotif CC 205 Lokomotif ini tiba di Indonesia tepatnya di Provinsi Lampung tanggal 26 September 2011, karena lokomotif ini hanya di khususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batubara (Babaranjang) di Divre III Sumatera Selatan.Lokomotif CC205 saat ini menjadi lokomotif berteknologi paling modern di Indonesia.
Lokomotif ini memiliki nomor seri EMD GT38ACe, yang berarti lokomotif ini dapat digunakan untuk keperluan penumpang atau barang dan memiliki mesin V8 turbo, motor AC dan berkonfigurasi C-C.
Dengan menggunakan mesin diesel bertipe 8-710G3A-T2, dengan jenis mesin 2 tak 8 silinder yang sudah dimodifikasi, sehingga tingkat emisi gas buang lebih rendah. Menggunakan 26L sistem rem udara

Sistem kerja

Menggunakan sistem operasi berbasis microprocessor tipe EM2000 yang mengendalikan seluruh fungsi sistem kerja lokomotif. Pengendalian semua komponen yang merupakan subsistem, seperti Motor Diesel, alternator, motor traksi, kompresor, dst. Semua fungsi dan kerja akan direkam dan dapat didownload ke laptop. Sistem juga dapat melakukan self diagnostic bila terjadi gangguan pada lokomotif yang akan direkam dan dapat ditampilkan pada layar monitor, sehingga dapat diketahui penyebab gangguannya.

Mesin terbaru

Mesin yang digunakan CC205 adalah tipe mesin terbaru dan terbaik buatan EMD Canada dengan tipe 8-710G3A-T2. Mesin ini juga digunakan di lokomotif EMD GP22ECO dan SD22ECO. Mesin ini berbeda dari mesin EMD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERETA API INDONESIA. All right reserved | Powered By BloggerDesigned By: WolesAja